Willy

6 Langkah Membuat Bisnis Berjalan Sendiri

In Materi Bisnis on July 6, 2012 at 3:00 AM

sopRekan-rekan beberapa waktu yang lalu saya pernah mendapat materi seputar coaching bisnis dari action coach yang diadakan oleh bank mandiri melalui program wirausaha muda mandiri.

Berikut saya mencoba mereview kembali materi seputar 6 Langkah membuat sistem bisnis kita jalan sendiri yang pernah dibawakan oleh Action Coach oleh Coach Zainuddin dan Coach Bonte.

6 Langkah membuat sistem ini abadi di kepala saya selama-lamanya, karena 6 langkah sederhana inilah yang akan membuat bisnis anda jalan sendiri tanpa kehadiran anda di dalamnya. Artinya bisnis anda jalan , anda jalan-jalan.

Apa itu Action Coach ? Action Coach adalah perusahaan yang didirikan oleh Brad Sugar yaitu perusahaan coaching no 1, dan Brad sudah pensiun sejak umur 26 tahun karna semua bisnisnya diseluruh dunia sudah jalan tanpa kehadiran beliau. Karena jurus Action Coach yang tidak akan saya lupa seumur hidup dalam membangun perusahaan adalah bagaimana mendefinisikan perusahaanmu  “A Commercial, Profitable enterprise That Works Without You”, artinya jika ingin membuat perusahaan buatlah perusahaan yang menguntungkan, yang komersil yang bisa jalan sendiri tanpa kehadiran anda. Jika anda masih terlibat di dalamnya berarti anda masih in the business belum on the business. Harusnya pekerjaan teknis sudah bisa didelegasikan ke karyawan.

Action Coach ini luar biasa sekali memberikan ilmu bagaimana bisnis anda jalan, anda bisa jalan-jalan yaitu dengan membuat sistem yang mantap. Untuk membuat sistem anda hanya memerlukan 6 langkah sukses dalam membangun bisnis. 6 langkah itu adalah :

Level 1 : Mastery

Mastery ini hal yang paling dasar sekali yang harus anda bereskan pertama kali intinya adalah menguah kekacauan dalam bisnis anda menjadi terkontrol. Apakah anda memiliki laporan keuangan ? apakah sudah memiliki visi /misi ?

4 Focus Dalam Area Mastery

  1. Destination Mastery : Tentukan duli Mau kemana arah bisnis kita ada 3 Hal penting dalam destination mastery
    a. VISI : Impian 5 – 100 thn kedepan yg ingin kita capai
    b. GOAL : Jangka pendek
    c. WHY : Kenapa Memlih berbisnisSaya dulu bosan sekali mendengar nasehat-nasehat untuk buat visi dan misi sehingga hal ini tidak pernah saya kerjakan sampai akhirnya saya terpaksa membuatnya. Belakangan saya baru tahu ketika sudah memiliki tim yang besar. Pedoman kita untuk menyatukan pandangan berbagai karakter hanya di visi dan misi yang di tempel ditembok itu saja.Goal harus SMART
    Specific : omzet maunya 100 milyar
    Measurable: bisa diukur dari profit
    Achievable : bisa dijangkau
    Result oriented : ada hasil akhir contoh ingin buka 10 cabang
    Time Frame : ada batas waktu contoh November 2012 sudah buka cabang ke-10
  2. Money Mastery: Bagaimana mengatur keuangan / buat laporan keuangan. Harus tahu kondisi keuangan kita, memiliki laporan keuangan dan tau cara membacanya.Laporan Keuangan terpenting yang harus anda punya seperti cashflow, rugi/laba, neraca. Bedakan antara profit dan cashflow. Profit di atas kertas sedangkan cashflow ada uangnya. Cashflow adalah jantungnya usaha anda. Ketika cashflow anda kosong atau tidak ada uang kas di kantong karena salah hitung, sama aja dengan jantung/bisnis anda berhenti.Hati-hati dengan profit yang tinggi jika cashflow anda kosong. Profit tinggi itu hanya di atas kertas karena itu yang sangat paling pertama kali diperhatikan adalah cashflow. Hal ini sesuai anjuran dari Robert Kiyosaki juga.
  3. Time Mastery : Bicara Bagaimana meningkatkan produkivitas?
    Bentuk sales team terbaik, kemudian hitung waktu anda dan team anda. Produktifkah waktu anda? Apakah anda lebih sering nonton Sinetron, santai- santai dirumah?
  4. Delivery Mastery : Bicara sistem pelayanan , apakah kualitas produk kita hari ini besar dan tahun depan sama kualitasnya? Customer service-nya apakah sudah baik cara pelayanannya, cara menyapa customer. Contoh Mcdonald tebet dan sarinah rasa sajiannya sama meskipun kompornya bisa berbeda. Memastikan bisnis berjalan konsisten, profitable dan productivity.

Level 2 :Niche (Fokus pada Marketing & USP)

Pada level 2 ini anda sudah mulai bermarketing. Karena level 1 sudah anda bereskan. Jika hasil marketing membludak, anda benar-benar telah siap dengan pelayanan tokonya, mengatur keluar masuk uangnya dan lain-lain, sehingga konsumen menjadi puas dan bisa menjadi return customer.

Dalam marketing juga anda harus membuat iklan anda semenarik mungkin. Bagaimana anda membuat keunikan produk anda dan di informasikan ke masyarakat rahasianya : No Price Competition

Mengapa no price competition? karena Use USP : apa USP Produk anda? apakah anda menyediakan guarantee. Contoh : Saya garansi baju ini kualitas no 1 jika jelek saya ganti 10 x lipat. Caranya:

  1. Be The First : jadilah yang pertama.. Misalnya buat baso jajaran genjang
  2. Be The Best : jadilah yang terbaik contoh :Starbuck dengan servicenya yg luar biasa
  3. Be Different : jadilah berbeda contoh : Es Pocong, rawon setan, Nasi goreng jancuk

Level 3 : Leverage (Make System : Saving Your Self Time Energy & Money)

Pada Level 3 ini anda sudah mulai membuat sistem, dalam sistem ini harus terkandung didalamnya :

Create : Vison, Mission, Goal, Culture, KPI, Organization Structure, SOP, time management, strukturisasi sistem, penempatan orang yg tepat.

Bangun sistem Meliputi Financial, people ,marketing, teknologi. Buat bisnis anda tergantung pada sistem, bukan pada orangnya. pada level ini anda sudah mulai bisa mencari investor untuk menananam modal.

Level 4 : TEAM

Ada 6 jurus membangun The Winning Team :

  1. Strong Leadership
  2. Common Goal
  3. Rules Of The Game
  4. Action Plan
  5. Support Risk Taking
  6. 100% Inclusion & Involved

Anda mulai harus memahami :
THE CYCLE OF BUSINESS : Owner – Team- Customer – Business – Kembali Ke owner

Bangun The Winning Team dan mulai perlahan mendelegasikan bisnis anda ke tim keterlibatan mulai berkurang. Cara mencari team yang baik adalah dari awal rekrutmen sudah harus sangat ketat.

Level 5 : SYNERGY

Level 5 setelah sistem sudah di jalankan oleh Tim yang berkualitas. Anda mulai memikirkan bagaimana menduplikasi bisnis anda dengan cara membuka cabang.

Duplicate Your BUSINESS DRIVEN BY YOUR SYSTEM & TEAM

Business Run Without me

Level 6 :RESULT is FREEDOM

Level ini adalah level yang sangat di impi-impikan oleh para pengusaha. Karena hasil perjuangan anda dalam membangun 5 level di atas dari membuat laporan keuangan, membuat sistem, membentuk Tim yang dahsyat dan bisa mendulikasikannya.

Bayangkan bahwa anda tidur dirumahpun ketika sedang nonton tv atau berlibur ke Bali, uang anda terus masuk dan masuk. karena bisnis sudah jalan sendiri.

Tugas sederhana anda adalah tinggal memberikan goal yang harus dicapai tim. Ketika GOAL tercapai berikan reward. Sudah freedom masih harus membuat goal? Karena ketika anda Freedom, biasanya anda tetap tidak akan bisa diam, karena terbiasa kerja keras seblumnya .Hanya ketika di level ini anda bisa memilih mau bekerja atau tidak suka-suka anda. Karena goal itu juga bisa dari GM anda yang mengajukan ke anda.

Free to invest your time and money
Bisnis anda jalan , anda jalan-jalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 3,015 other followers

%d bloggers like this: