Willy

Cerita Malaysia telah Berakhir

In Catatan Hidup on January 22, 2012 at 2:56 PM

Operasi sang nenek dengan catatan waktu satu setengah bulan pas telah selsesai. 20 Januari 2012 kami tiba kembali di Indonesia. begitu banyak cerita yang terjadi disana yang berdampak pada kebutuhan akan keuangan mebumbung tinggi.

Berawal dari keputusan paman untuk menempatkan nenek di kamar terbaik yang biaya perharinya RM 388 dan biaya-biaya obat dan perawat yang permalamnya mencapai sekitar Rp 1.000.000 lebih, masih belum termasuk konsumsi dan biaya hotel saya, paman dan bibi disana.

ppum - malaysia

1 Minggu pertama disana kita sudah mendapat kejuatan, karena sang nenek teryata bermasalah pada jarigan di seluruh tubuhnya. Jaringan-jaringan tubuh ini tidak berkerja dengan baik dan menyebabkan kegemukan yang permanen. Penyebab utamanya ternyata adalah steroid yagn pernah di suntikan oleh salah satu dokter di Malang. kita masih ingat dulu itu sekali suntik sekitar Rp 1.750.000 dan harus di lakukan sepuluh kali. So, minggu awal ini steroid harus benar-benar dibersihkan dari dalam tubuh.

Cobaan kembali muncul pasca operasi penguatan kedua dengkul kaki. Tiga hari pasca operasi sang nenek sudah disarankan untuk latihan berjalan seperti layaknya pasien-pasien yang lain yang terbukti sukses. Namun apa yang terjadi, pada langkah pertama kaki kanan tak mampu menpang berat badan tubuh dan langsung patah menyamping. Walau menurut keterangan nenek tidak terasa sakit, namun kami yang melihat dengan mata kepala ini sendiri merasa shock luar biasa.

Akhirnya perlu waktu sekitar 15 hari lagi untuk operasi ulang memperbaiki kaki kanan yang patah. 15 hari di waktu-waktu biasa sangat berbeda dengan waktu yang dilalui di rumah sakit, setiap detik terus menerus ada dana yang harus dibayarkan. Betapa mahal waktu-waktu itu.

Cobaan masih berlanjut pasca operasi kedua. Sekitar 5 hari setelah itu nenek yang sudah dapat berjalan cukup baik harus kembali jatuh karena terpeleset setelah di mandikan di kamar mandi oleh para suster. Walau tidak separah jatuh yang pertama namun cukup mengakibatkan kelonggaran otot dengkul sebelah kiri yang mengakibatkan kaki kiri lebih berat untuk diangat.

Hari-haripun semkain lebih panjang lagi setelah itu, hampir sebulan di kamar yang sama, nenek yang terus meringkih kesakitan, keadaan keuangan yang terus minus, kehiangan berbagai mata pencaharianku, memikirkan berbagai macam solusi tanpa bisa action karena terbatas raung dan waktu dan lain sebagainya, rasanya seperti spot terburuk dalam perjalanan hidupku.

19 Januari 2012 malam, aku benar-benar terjaga dan tak dapat memejamkan mata, betapa rasa senang dapat pulang ke tanah air, menghirup udara segar di luar, merasakan adem-nya air dingin khas malang bercampur beban-beban yang harus ditebus saat pulang nanti.

20 januari 2012 kini aku disini kembali. Aku mengambil waktu istirahat tanggal 21 dan 22, melupakan sejenak msalah-masalah yang ada. Aku juga masih belum banyak cerita tentang probelm intern dalam kelaurgaku yang notebene salah satu problem yang harus aku pecahkan di depan nanti. 2 hari ini menjadi 2 hari libur yang dihimpit cerita-cerita besar di sampaingnya. Akankah ke depan nanti perbaikan dalam diriku lebih baik atau sebaliknya, yang pasti besok 23 Jauari 2012 merupakan awal baru, dimana merupakan syarat wajib fardhu ain untuk membuang semua kekuaragna dan rasa malasku yang sangat luar biasa

Insya Allah besok saya akan bertemu dengan partner kerja yang tak lain adalah dosenku sendiri waktu kuliah dulu. Beliau masih muda, dan tidak terpaut terlalu jauh dengan umurku yang hanya sekitar 3-4 tahun. Aku begitu mempercayainya mulai dari awal, karena walau muda beliau selalu belajar menjadi lebih bijak dan adil dengan ajaran-ajaran dari pengalman dan orang tuanya yang orang-orang bependidikan.

What next? We’ll see …

  1. sepetinya sy kenal dosen itu😀 haaaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: