Willy

Arti Nama Willy

In Catatan Hidup on June 15, 2012 at 7:26 PM

willyAku lahir dari keturunan ayah Arab dan ibu Jawa. Dulu sekali ayahku menginginkan nama yang berbau Arabic dan Insya Allah ibuku pun setuju, selama arti dari nama tersebut juga baik.

Sayangnya aku lahir ditempat dimana orang-orang disekitarnya tidak menerima bangsa keturunan arab. Ayahku yang bernama asli Saleh Al-Katirie pun berubah nama menjadi Saleh Febriansyah. Tahun 1990 aku lahir dengan nama Willy Merdiansyah (bisa-bisanya nama keturunan gak sama dengan nama ayahnya) #ngakak

Ketika tahun 1995 ibuku meninggal dan tahun 1996 hak tersebut juga terjadi pada ayahku

emm,  Innalillahi waina’ilaihi roji’un …

aku pindah ke Malang yang dan diasuh oleh nenek dari ayah. Sedangkan adiku yang belum genap 1 tahun di asuh oleh nenek dari ibu yang ada di kota Solo. Serasa dibagi dua, nanti aku akan cerita banyak juga tentang adik perempuanku ini.

Nenekku yang berlatar belakang seorang keturunan arab kental tidak menyukai nama Willy, bahkan dia juga pernah bilang kalau “Willy itu seperti nama anjin*”. Walaupun terlihat kasar tapi ada benarnya juga, karena tidak sedikit anjin* yang diberi nama Willy. Akhirnya di Malang, namaku menjadi Wildan Al-Katiri, satu garis keturunan dan (ras) dengan ayahku. Lucunya neneku yang tidak bisa baca dan tulis ini tidak bisa mengurus surat pergantian nama dengan benar, akhirnya namaku di KK (kartu keluarga) menjadi Willy Al-Katirie.

Walaupun akhirnya aku bersekolah dan berijazah dengan nama Willy Merdiansyah, banyak kisah akibat nama yang rancu ini, seperti aku baru bisa urus KTP umur hampir 20 tahun (tapi umur 17 sudah punya SIM B), kalau ada teman seklah/kuliah ke rumah dan bertanya dengan nama Willy, pasti orang sekitar banyak yang tidak tahu, nyasar dan lain sebagainya.

Tapi beberapa akhir malam ini aku penasaran apa arti nama Willy?. Kalau Wildan Al-Katiri, aku sudah tau artinya. Wildan dari surat Al-Waqi’ah artinya anak muda yang tetap muda, sedangkan Al-Katiri adalah nama belakang dari garis keturunan langsung Nabi Muhammad SAW. Wallahu a’lam.

Sedangkan Willy Merdiansyah, aku lihat dari situs ini (http://www.nama.web.id/28247/Willy.html) artinya adalah PELINDUNG. #keren, Sedangkan Merdianysah aku masih belum menemukan apa artinya.

Mungkin berikut ada beberapa situs keren untuk menghuji kedua namaku

www.nama.web.id

Willy = Pelindung

Merdianyah = (tidak ada)

Wildan = (tidak ada)

Al-Katiri = Yang Maha Kuasa (di ambil dari Asmaul Husna – 99 sifat Allah SWT dan ini adalah Do’a, bukan sifat orang dengan nama yagn bersangkutan)

www.thinkbabynames.com

Willy

wi(l)-ly\ as a boy’s name (also used as girl’s name Willy), is a variant of William (Old German),Willie (English) and Willis (Old English), and the meaning of Willy is “will helmet, protection”.

The baby name Willy sounds like WallyWiley, Willey, Will and Willi. Other similar baby names are Billy and Wills.

Wildan

(tidak ada)

www.anagramgenius.com

Willy Merdiansyah

Handily raw smiley >> mudah tersenyum

Wildan Alkatri

Dark initial law >> hukum gelap ???

www.indospiritual.com/arti-nama.html
(situs ini tidak terlalu saya rekomendasikan karena dasarnya tidak jelas, tapi buat asik-asikaan aja)

Willy Merdiansyah

– Keteguhan, kebijaksanaan, pengaruh dan kekuasaan
– Durjana/tidak beribadah
– Suci
– Kecelakaan dan tabiat pelupa
– Berhasil dengan baik, cerdas dan beruntung
– Jalan penghidupan yang tentram, merdeka, bahagia dan sempurna
– Keangkeran dan pengaruh kekuasaan
– Rakus dan pamer kekayaan
– Pesta, kegembiraan dan pernikahan
– Kesedihan dan kekurang-sempurnaan
– Kesempurnaan dan kebaikan
– Tercerai dari pasangan hidup
– Perasaan pada keadilan

Wildan Al-Katiri

– Kerusakan, kebinasaan dan kematian
– Sakit, Cacat, keributan, hukuman dan lupa pada kewajiban
– Kekuatan
– Keteguhan, kebijaksanaan, pengaruh dan kekuasaan
– Pesta, kegembiraan dan pernikahan
– Perjalanan yang melelahkan
– Bersemangat, berpengetahuan dan keindahan
– Sifat ragu-ragu
– Kemasyhuran dan pernikahan

Ya begitulah kisahnya, namun kesimpulan terakhir 2 nama tersebut begitu baik artinya untukku. Tapi aku masih tidak tahu saat aku akan berkeluarga nanti akan memilih yang mana, aku sudah banyak dikenal sebagai “Willy Merdiansyah” dan ini menjadi kebanggaanku, tapi ada hati yang berbisik bahwa suatu saat nanti kelihatannya aku akan menggunakan “Wildan Al-Katirie” karena ada bagian dari nama Allah disana🙂. Insya Allah

  1. William adalah nama yang indah untuk anak laki-laki. Tapi tidak dalam bentuk singkatan.

  2. Saya suka Wildan🙂 nice share!

Leave a Reply

