Willy

Heppy Trenggono: Bisnis Tanpa Modal

In Perjalanan Bisnis on June 17, 2012 at 7:35 AM

heppy_trenggonoPertanyan jamak yang kita jumpai sehari hari ketika kita ingin memotivasi oranglain untuk berbisnis adalah tidak punya modal. Modal menjadi alasan utama banyak orang untuk berbisnis. Padahal modal tidak selamanya menjadi penentu ketika berbisnis. Jika kita ingat hadits Rasululah SAW bahwa Silaturahmi bisa membawa rezeki, berarti modal bukanlah domain faktor untuk memulai bisnis. Lau bagaimana relasi antara uang modal dengan bisnis diantara keduanya?  Lesson dari mas Heppy berikut ini bisa menjadi penjelas bahwa uang bukanlah segalanya dalam bisnis, baik ketika memulai maupun saat menjalankannya.

UANG (Modal)  BUKAN SEGALANYA DALAM BUSINESS

Lead your business wtih skill, time , attention not with your  money

Hubungan antara bisnis dengan uang

“Money is not included in ingredients Receipt”

Ketika memulai bisnis Sering kita inginnya 100 % bisnis kita miliki, mindset ini harus kita rubah cara pandangnya. Keinginan memiliki sendiri  ini kadang malah membuat kita berfikir tidak strategis, akhirnya kita otak atik hingga akhirnya memakai bank.untuk bermain busines lebih besar kita memerlukan leverage partner. Lebih baik anda menggunakan skema model kerjasama bagihasil  mudarabah atau yang lainnya. Mempunyai share yang kecil (asal golden share) adalah lebih baik daripada tidak punya bisnis sama sekali. Dalam Beberapa perusahaanya mas Heppy hanya memiliki 20-30% share saham perusahaan.

Ketika bisnis down banyak orang berfikir bahwa yang dibutuhkan adalahfresh money sebagai tambahan modal, padahal sebenarnya bukan uang. Uang tidak termasuk di dalam resep. Contohnya ketika ingin membuat pisang goreng, yang kita butuhkan sebagai bumbu adalah pisang, tepung, garam, gula dll. Uang digunakan sebagi api, untuk mematangkan masakan bukan di dalam resep.

Jika terlalu banyak api maka pisang goreng akan hangus. Jika kekurangan api maka pisang tidak akan matang, awet pelity api maka awet susahnya.

Lead your business with skill, time and attention, not with your  moneyEasy money make us stupid. Banyak orang berhasil bisnis tidak pake modal. Kemudahan modal dari perbankan malah kadang membuat kita bodoh dalam menjalankan bisnis,

Sebagai contoh dalam project  sawit beliau; untuk membuka kebun sawit seluas 10 ribu hektar 600 miliar plus pks. Mas heppy menggunankan skema Equity share kepada para Investor. Jika tidak ada uang modal,  janganlah menggunakan riba bank. Pakailah dana investor.

Alhamdulillah , sayapun tidak pake modal dalam usaha. Dengan modal silaturahmi usaha bisa kita raih. Saya menjadi teringat kembali saat memulai usaha. Ntar deh ceritanya.. seru juga memory lama

Saudaraku demikianlah kurang lebih ajaran mas Heppy Trenggono mengenai hubungan antar uang dan business. Saya hanya mencoba menyimpulkan dalam logat penyampain bahasa saya sendiri.  Mohon maaf jika ada kekurangan atau kesalahan.

source: http://alinorman.wordpress.com/2012/06/09/uang-modal-bukan-segalanya-dalam-business/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: