Willy

Cara Meningkatkan Omzet Penjualan Ala Toko Komputer

In Materi Bisnis on August 12, 2012 at 6:05 PM

Malam itu ada sms masuk ke handphone saya, setelah saya baca rupanya sms dari seorang kawan senior. Beliau berdomisili di salah satu pulau di Maluku utara.

Dalam smsnya beliau bilang kepada saya kalau dalam beberapa bulan terakhir ini omset penjualan di tokonya meningkat drastis. Paling dikit 30 unit laptop pasti terjual di tokonya setiap bulan dan itu pun belum termasuk penjualan aksesoris komputer.

Seru nih, kata saya dalam hati. Kemudian nggak pake basa basi lagi saya balas sms itu, dalam sms balasan saya langsung bertanya pada beliau gimana cara beliau dalam waktu singkat bisa mendongkrak penjualan di tokonya itu.

Setelah sms yang isinya basa-basi, dan saling memuji akhirnya keluar juga jurus-jurus yang digunakan beliau dalam mendongkrak penjualan di toko komputer miliknya. Berdasarkan yang beliau sampaikan maka saya berusaha menyimpulkan seperti ini:

  1. beliau selalu menekankan pada semua karyawannya agar selalu memberikan pelayanan terbaik pada setiap konsumen yang datang, nggak peduli siapapun itu yang datang
  2. jika ada konsumen yang komplain terhadap barang yang sudah di beli di tokonya maka setiap karyawan harus merespon dengan baik dan tetep ramah
  3. jika ada konsumen yang dating lantas minta tukar barang yang sudah di beli di toko itu maka karyawan di haruskan langsung saja menukar sesuai yang diinginkan pembeli tanpa harus mempersulit
  4. beliau memberikan garansi satu tahun full pada hardware dan software yang di beli di tokonya.(menurut yang beliau sampaikan pada saya dalam smsnya, tujuan utama semua fasilitas itu diberikan pada konsumen agar konsumen bisa datang setiap saat ke tokonya, walaupun nggak beli, walaupun hanya komplain dan service. Sebab dengan datangnya konsumen ke tempatnya maka tokonya selalu tampak ramai, selain itu pula beliau dan karyawannya bisa menawarkan produk-produk lainnya yang ada di tokonya itu pada konsumen yang dating untuk komplain dan service)
  5. beliau juga bikin semacam paket hemat untuk berbagai macam transaksi yang bisa dibikinkan paket hemat, misalnya beli laptop+ini+ini+ini, dengan paket hemat maka bisa dikatakan konsumen akan mendapatkan beberapa macam barang dengan hanya menambah sekian rupiah saja. (padahal tujuan beliau adalah agar perputaran barang yang ada di toko saya makin cepat)
  6. Beliau juga memberikan fasilitas pada pelanggan atau konsumen yang sudah pernah beli di tokonya walaupun baru sekali beli saja. Konsumen seperti itu berhak mendapatkan potongan harga untuk pembelian berikutnya. Beliau nggak membatasi pembeliannya, apapun juga pasti dapat potongan untuk pembelian berikutnya, baik itu untuk pembelian laptop, komputer bahkan juga untuk asesorisnya
  7. Memanjakan konsumen yang datang ke tokonya, jadi pelanggan itu terkadang berasa langsung kayak teman gitu, beliau membina hubungan emosional dengan pelanggan
  8. Beliau memberlakukan juga semacam sistem memberikan potongan sampai 100 ribu rupiah buat pelanggan yang membelikan sesuatu buat temannya di toko nya itu, atau yang mengajak temannya belanja di toko komputernya.
  9. Trus beliau juga berikan hadiah pada pelanggannya. Sistem pemberian hadianya bisa diberikan kepada pembeli terbanyak, maksudnya yang sering belanja di tempat nya, selain yang membeli dengan nominal yang besar. Trus hadiah bisa juga di berikan pada pelanggan yang terbanyak me-referensikan teman-temannya untuk belanja di tempat kami.Hadiahnya bisa di berikan per periodik, sekitar 6 bulan sekali tapi bisa saja diperpanjang sewaktu-waktu dengan alasan banyak yang minta agar pemberian hadiah itu di perpanjang waktunya.

    Nah cara pemberian hadiahnya bener-bener terserah ama cara kita, mau dalam bentuk undian ataupun cara-cara yang lain dan hadiahnya memang kita pilihkan yang menarik dan menggoda konsumen.

    Beliau biasanya menyiapkan hadiah berupa televisi, kulkas atau blackberry, bahkan pernah juga beliau dalam sebuah periode menyiapkan sepeda  motor buat dijadikan hadiah, pokoknya suka-suka beliau ajalah dalam memberikan hadiah buat pelanggan-pelanggannya.

    Tehnologi memang memperpendek jarak, hanya dengan saling berbalas sms dalam waktu sekitar satu jam aja saya sudah belajar banyak dengan beliau.

Yuk belajar terus, tapi langsung di praktekkan setelah mendapatkan ilmu biar gak lupa!!

Walaupun bisnis beliau adalah toko computer dan asesorisnya tapi cara-cara yang beliau lakukan dalam mengolah toko dan konsumen rasanya bisa deh di praktekkan dalam bisnis apapun yang kita jalani.

Source : Milis TDA Surabaya by MC_BAREJ@yahoo.com
Perbaikan Bahasa : Willy Merdiansyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: