Willy

My Campus, My Forgetabble Moment

In Catatan Hidup on March 2, 2013 at 7:27 AM

kampusAda sebuah pameo saat pertama kali masuk kampus dulu bahwa banyak alumni melupakan kampus mereka setelah lulus dan mendapatkan penyaluran kerja sesuai perjanjian kontrak yang ditandatangani pihak kampus dan calon mahasiswa.

Pada saat itu aku berpikir kok lucu sekali ya alumni melupakan jasa kampusnya setelah mendapatkan pekerjaan dimana hasil gajinya dapat digunakan untuk meneruskan pendidikan yang lebih tinggi. Setelah mereka mendapatkan gelar sarjana, mereka  sama sekali mereka tidak pernah menyebutkan “kampus lamanya” kecuali kampus dimana mereka mendapatkan gelar sarjana!

“There is no proud for the old campus”

Cerita Reuni Kampus

Setiap kali ada acara HUT kampus, selalu ada undangan khusus untuk para alumni yang mau hadir. Disinilah ajang dimana silaturahmi antar alumni, cerita-cerita saat kuliah, canda tawa mengingat masa lalu, berbagi pengalaman bagi mereka yang telah bekerja, atau bahkan tukar kartu nama bagi mereka yang telah memiliki usaha sendiri.

Setelah acara selesai ya sudah, tidak ada yang bisa diingat lagi. Dan mungkin ini terjadi bertahun-tahun. Sehingga cukup masuk akal jika di tahun-tahun berikutnya para alumni malas untuk datang lagi.

Nah, sekarang tujuan diadakan reuni itu apa ? kalau memang tujuannya hanya sekedar silaturahmi maka acara yang sudah ada selama ini sudah lebih dari cukup. Tapi jangan salahkam para alumi kalau kami akan dengan mudah melupakan kampus.

Jika aku sebagai kampus,

“Alumni adalah saksi hidup hasil kerja keras kami yang  meningkatkan kreadibilitas dan branding kepada masyarakat”

alumni membantu lebih banyak orang tentang kampus yang luar biasa ini, tentu ini juga akan sangat membantu dari segi marketing sehingga bisa mendapatkan calon-calon mahasiswa baru dengan lebih mudah

Inilah alasan mengapa kampus menjadi fogotable moment, karena jika anda melupakan kami, secara otomatis kami melakukan hal yang sama

Community Management

Di setiap brand-brand besar yang ada di Indonesia, tentu ada yang namanya Community Management yang terbukti sangat efektif dalam melipatgandakan jumlah/pengguna layanan bisnis mereka.

“Kaskus, Facebook, Apple besar karena community”

Bahkan perusahaan pembunuh sekalipun (rokok) mereka juga besar karena community. Mereka mensponsori acara-acara besar, membuat sebuah event-event khusus contoh seperti dja*** black innovation, dsb.

Dan ini tidak gratis, tapi patut mengeluarkan dana karena ini adalah salah satu bagian dari soft marketing!

So kesimpulannya, pilihan ada pada pihak kampus. Jika ingin mendapatkan berbagai keuntungan seperti yang dilakukan brand-brand besar di atas maka rangkullah pala alumni, program-program untuk menajemen alumni. Dan harus dilakukan secara professional!

“Community Management bisa terealisasi berkat kerjasama antara pihak kampus dan alumni”

tidak ada waktu?

perlu diketahui bahwa sekarang usaha saya IDEEXE bisa mengelola beberapa Facebook Fanspage mulai dari ribuan hingga ratusan ribu member. Rata-rata fanspage memiliki interaksi yang tinggi dan tidak sekedar likers. Masing-masing page memiliki nische yang berbeda. Ada yang khusus makanan, entepreneur, ibu-ibu, produk bayi dan masih banyak lagi. Sehingga dengan adanya komunitas yang loyal, kita bisa menjual produk apapun dengan sangat mudah. (bagi pembaca yang punya produk yang berhubungan dengan wanita dan bayi hubungi saya ya kalau mau ngiklan #promosi #hehe)

oh ya, fanspage ribuan likers di atas hanya dihandle oleh satu orang !

Aku sama sekali tidak bilang kalau memiliki kemampuan lebih baik dalam hal community management, minimal aku memiliki kapasitas untuk menulis artikel opini seperti di atas

dan saya siap membantu setiap upaya kampus untuk merebut kembali hati para Alumni🙂

terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: